PIVOT TABLE DAN FILTER
SELAMAT MALAM
Gimana kabarnya guyss, pasti sehat kan kalian?
kembali lagi bersama saya Alvin dalam tutorial penkom. kali ini kita membahas tentang pivot table dan filter dalam microsoft excel.
1. PIVOT TABLE
Pivot Table adalah alat program yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan meringkas kolom dan baris data yang dipilih dalam spreadsheet atau tabel database untuk mendapatkan laporan yang diinginkan. Sebuah pivot table tidak benar-benar mengubah spreadsheet atau database itu sendiri. Dalam istilah database, pivot adalah untuk mengubah data dan melihatnya dari perspektif yang berbeda. Pivot Table biasa digunakan dengan program Spreadsheet semisal Excel, sebuah pivot table ini sangat berguna dengan data dalam jumlah besar. Sebagai contoh, seorang pemilik toko mungkin mendata total penjualan bulanan untuk sejumlah item besar dalam spreadsheet Excel. Jika pemilik ingin tahu item yang dijual baik di seperempat keuangan tertentu, akan sangat memakan waktu baginya untuk melihat melalui halaman dan halaman untuk mencari informasi. Sebuah pivot table akan memungkinkan pemilik untuk cepat mengatur data dan membuat ringkasan untuk setiap item untuk kuartal yang bersangkutan.
3. Mulailah kita memilih data apa aja yang akan di pivot tabel
5. Jika kita ingin melihat hanya kategori tertentu maka bisa di pilih all kemudian diganti menjadi kategori yang kita inginkan, contoh pada tabel dibawah yang diinginkan fruit.
next ke pembahasan ke dua yaitu FILTER..
2. FILTER
2. kemudian pilih insert-filter
3. Setelah itu, filter datanya misal mulai dari nama
setelah itu, diurutkan berdasarkan abjad
di bagian atas ada pengaturan yang akan mengelompokkan data kita.
sekian tutorial dari saya, apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-sebesarnya. semoga bermanfaat yaaa buat kalian semuaa...
thankyouu
selamat malam
Gimana kabarnya guyss, pasti sehat kan kalian?
kembali lagi bersama saya Alvin dalam tutorial penkom. kali ini kita membahas tentang pivot table dan filter dalam microsoft excel.
1. PIVOT TABLE
Pivot Table adalah alat program yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan meringkas kolom dan baris data yang dipilih dalam spreadsheet atau tabel database untuk mendapatkan laporan yang diinginkan. Sebuah pivot table tidak benar-benar mengubah spreadsheet atau database itu sendiri. Dalam istilah database, pivot adalah untuk mengubah data dan melihatnya dari perspektif yang berbeda. Pivot Table biasa digunakan dengan program Spreadsheet semisal Excel, sebuah pivot table ini sangat berguna dengan data dalam jumlah besar. Sebagai contoh, seorang pemilik toko mungkin mendata total penjualan bulanan untuk sejumlah item besar dalam spreadsheet Excel. Jika pemilik ingin tahu item yang dijual baik di seperempat keuangan tertentu, akan sangat memakan waktu baginya untuk melihat melalui halaman dan halaman untuk mencari informasi. Sebuah pivot table akan memungkinkan pemilik untuk cepat mengatur data dan membuat ringkasan untuk setiap item untuk kuartal yang bersangkutan.
- TUTORIAL
2. Kemudian pilih insert-pivot table. setelah itu muncul pilihan apa saja yang ingin di pivot table
3. Mulailah kita memilih data apa aja yang akan di pivot tabel
pada bagian bawah ada 4 kotak yaitu :
- Report Filter : kotak yang berisi field yang akan dilaporkan.
- Row Label : kotak yang berisi field yang dijadikan sebagai tolak ukur sumbu Y. Sebagai contoh, di sumbu Y seringkali diisi dengan keterangan label jumlah barang.
- Column Label : kotak yang berisi field yang dijadikan sebagai tolak ukur sumbu X. Sebagai contoh, di sumbu X seringkali diisi dengan keterangan label nama barang.
- Value : kotak yang berisi field yang akan muncul sebagai hasil dalam tabel
5. Jika kita ingin melihat hanya kategori tertentu maka bisa di pilih all kemudian diganti menjadi kategori yang kita inginkan, contoh pada tabel dibawah yang diinginkan fruit.
next ke pembahasan ke dua yaitu FILTER..
2. FILTER
Program Microsoft Excel 2010 dapat memuat data yang sangat banyak, apabila kita membutuhkannya.Akan tetapi yakinlah, kita pasti tidak akan mau bekerja dengan sebegitu
banyak data pada saat yang bersamaan, karena terkadang kita hanya
membutuhkan beberapa data saja untuk membantu kita dalam membuat
keputusan bisnis. Anda dapat membatasi data yang akan ditampikan dengan
menggunakan Filter.
Sesuai namanya Filter ini berguna untuk
menyaring data yang banyak agar mudah dalam mencari atau mengategorikan
atau juga mengelompokkan data berdasarkan apa yang kita inginkan.- TUTORIAL
2. kemudian pilih insert-filter
3. Setelah itu, filter datanya misal mulai dari nama
setelah itu, diurutkan berdasarkan abjad
di bagian atas ada pengaturan yang akan mengelompokkan data kita.
sekian tutorial dari saya, apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-sebesarnya. semoga bermanfaat yaaa buat kalian semuaa...
thankyouu
selamat malam

Komentar
Posting Komentar